Tuesday, July 2, 2013

13 pertanyaan wirausaha sukses - ayam bakar wong solo

________________________________________________________________ “KARIR&MANAJEMEN PUSPO WARDOYO, PENDIRI RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO” 1. Kapan kasus memulai usahanya? Dimana? Apakah dengan usaha yang sama dengan yang sekarang? = Saat beliau berumur 29 tahun, ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai PNS guru seni di SMUN 1 karena ingin menjadi seorang pengusaha. Beliau memulai karirnya di kota Solo. Awal usahanya masih sama dengan usahanya yang sekarang. 2. Apakah dia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri? = Ya. Beliau mengembangkan usahanya dengan cara mandiri. Untuk mendapatkan modal, ia kembali menjadi guru, kali ini SMU di daerah Bagan Siapi-api, Riau. Warung makan miliknya ia tinggalkan. Puspo mempercayakan pengelolaan warungnya pada seorang kerabat. 3. Sumber modal awalnya adalah dana sendiri atau dari luar? Berapakah jumlahnya? = Selama 2 tahun mengajar, 1989-1991, terkumpul uang sekitar Rp 2.400.000. Dengan uang itu ia membeli motor dan sewa rumah kontrakan. Sisanya sekitar Rp 700.000 dipergunakan untuk modal jualan ayam bakar. Puspo lantas membuka warung kaki lima di daerah Polonia, Medan. 4. Dimana di pada saat awal memasarkan produknya? = di daerah Polonia, Medan. 5. Apakah dengan menjual produk yg sama? = Ya benar dengan produk yang sama. ia menjajakan menu siap saji seperti ayam goreng, ayam bakar, dan menu ayam lainnya. 6. Siapa pemilik usaha tersebut dari sejak awal hingga sekarang? = Awalnya, Orang tua Puspo berdagang daging ayam dan membuka warung kecil. Lalu usaha ini diteruskan oleh Puspo yang memiliki keinginan sebagai seorang pengusaha sukses. 7. Apa bentuk kepemilikannya? = Bentuk kepemilikannya : franchisee. “Satu milik sendiri, sisanya milik franchisee”. 8. Berapa tenaga kerja yg dipekerjakan dari awal hingga saat ini? = Awalnya, hanya terdapat sekitar 15 tenaga kerja. Namun, sekarang ini sudah terdapat ±832 tenaga kerja ada di 100 outlet yang tersebar diantaranya di Medan, Banda Aceh, Padang, Solo, Denpasar, Pekanbaru, Surabaya, Semarang, Jakarta, Malang, Yogyakarta dan mulai merambah Sulawesi. 9. Apakah ada orang yg ditunjuk sebagai ketua atau koordinator dalam kegiatan usaha? Bagaimana cara penunjukan ketua/koordinator tersebut? = Tidak ada penunjukan. Dari awal hingga sekarang berdirinya Ayam Bakar Wong Solo, Puspo Wardoyo lah yang selalu mengkoordinasikan semua kegiatan. 10. Pernahkah ada prestasi yg dicapai oleh usaha tersebut? = - Pendiri rumah makan terbaik di Indonesia - Tercatat ada sekitar 106 Rumah Makan Wong Solo yang telah berdiri dari hasil kerja sama dengan mitra-mitranya. 11. Apakah sistem manajemen yg dituju sampai sekarang? = Disamping kualitas makanan (cita rasa harus enak), beda dengan lainnya (diferensiasi), ada hal-hal penting yang harus diperhatikan yaitu, pelayanan, dan Value (nilai). Nama/brand sangat terkait dengan value. 12. Menurut anda, apakah usaha tersebut sukses? Gunakan ttjuh aspek kelayakan usaha! = Menurut saya, usaha Beliau sangatlah sukses karna didukung ole ide dan aspek kelayakan usaha. Rumah Makan Ayam Bakar " Wong Solo " Purwokerto sebagai perusahaan bisnis tentunya juga melakuan bauran pemasaran meliputi: a. Produk Produk yang di hasilkan oleh Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di golongkan ke dalam dua jenis yaitu makanan dan minuman. b. Harga Penentuan harga pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo ada standar dari pusat dimana penetapannya tergantung outlet menurut wilayah dan standar harga bahan baku yang digunakan, serta biaya tenaga kerja. Harga didasarkan pada harga pokok ditambah biaya langsung maupun tidak langsung dan ditambah keuntungan yang diharapkan, selain itu faktor pesaing juga sangat mempengaruhi penentuan harga, oleh harga itu selalu diadakan riset pasar untuk memantau harga-harga pesaing. c. Distribusi Karena sifat dari makanan yang cepat rusak dan tidak tahan lama, disamping itu juga untuk menghindari penurunan kualitas makanan maka Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo menggunakan saluran distribusi langsung yaitu dari produsen kepada konsumen tanpa melalui perantara. Jadi konsumen langsung datang sendiri atau memesan lewat telepon dan pesanan dapat langsung diantar ketujuan. d. Promosi Promosi adalah proses penyampaian informasi persuatif satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang dapat menciptakan pertukaran. Hal ini menjadi bagian pemasaran untuk memberitahukan kepada konsumen sasaran bahwa produk yang baik tersedia di tempat yang benar-benar dengan harga yang tepat. Sebagai perusahaan bisnis jasa, Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo tentunya juga melakukan kegiatan promosi, diantaranya yaitu memasang iklan di radio dan surat kabar, mengadakan kerja sama dengan instansi-instansi atau kantor dan mahasiswa. Selain itu juga membagikan brosur-brosur, memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang mempunyai perayaan atau acara-acara tertentu. Pemasangan papan petunjuk arah rumah makan juga ada sekitar 30 papan petunjuk yang ada di pinggir-pinggir jalan. 13. Apakah menurut anda, akan bertahan lama dan berkembang? Jelaskan alasan nya! = Menurut saya, ayam bakar wong solo akan terus berkembang dan bertahan lama karena Puspo wardoyo menerapkan sistem positioning agar dapat bertahan dan terus berkembang dalam lingkungan dan segala penjuru kota maupun luar negeri.

No comments:

Post a Comment